AI untuk Arsitek dan Desainer Produk

Kukuh T Wicaksono
2 min readMay 5, 2023

Membuat sketsa bagi arsitek dan desainer produk adalah pekerjaan sehari-hari yang pasti sudah biasa dilakukan. Client butuh tampilan visual yang eye-catching dan untuk sampai ke tahap ini, Arsitek membutuhkan waktu untuk menghadirkan design dalam bentuk photo dengan bantuan tools CAD ataupun video animasi. Bagaimana bila client menginginkan 5 sampai 10 alternatif, wah pasti merepotkan ya. Tapi jangan khawatir, saat ini BikinAvatar.com mengeluarkan fitur AI tools baru, yaitu AI yang bisa menghasilkan photo realistis dari sketsa menggunakan teknologi open source Stable Difussion. Demo video silahkan simak dahulu.

Cukup mudah ya penggunaan-nya, cukup upload file gambar berisikan sketsa anda, nanti Apps AI yang akan menghadirkan photo realistis dalam waktu kurang dari 1–2 menit. Tentu saja, proses generate photo based on sketch kemungkinan besar akan berbeda dengan maksud keinginan arsitek. Fitur AI tools ini , lebih cocok diterapkan pada tahap pre-design, yaitu tahap awal mengumpulkan alternatif ide fasade tampilan dan bentuk arsitek bangunan. Bila sudah dalam tahap design yang sudah fix/ sudah disetujui, AI tools ini tidak terlalu berguna, karena dibutuhkan software CAD untuk membuat model bangunan yang sesuai 100 % dengan keinginan client dan arsitek.

Pada 1 sketsa dapat dibuat ribuan alternatif photo, karena AI akan selalu mencetak gambar photo yang berbeda walaupun sumber berupa gambar dan prompt selalu sama.

contoh photo yang dihasilkan dari sketsa

Contoh beberapa photo yang dihasilkan dari sketsa yang sama.

Tidak hanya arsitektural, gambar sketsa profile cartoon bisa juga dibuat nampak hidup.

contoh hasil AI tools BikinAvatar.com. Sketsa by Acong Maesa Panca

Dengan bantuan AI tools ini, Arsitek dan desainer dapat terbantu untuk menghasilkan lebih banyak ide , gagasan dan konsep baru dalam mendesign hasil karya mereka. Client pastinya lebih happy bila ada banyak variasi ragam alternatif yang ditawarkan.

sumber sketch dari google images. AI generated at bikinavatar.com

Tertarik mencoba, silahkan mendaftar di https://BikinAvatar.com , lalu pilih menu Sketch to Photo. Ada beberapa free quota yang dapat digunakan free.

--

--