Pembuatan Chatbot Properti sebagai alternatif Teknologi Memudahkan Transaksi Properti

Kukuh T Wicaksono
3 min readFeb 20, 2024

Di era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari hampir semua aspek kehidupan, termasuk dalam industri properti. Saya Kukuh TW, agen properti Brighton gading, telah mencoba sesuatu yang baru dengan mengembangkan sebuah chatbot properti. Chatbot ini dirancang untuk memudahkan baik pencari properti maupun pemilik properti dalam berbagai transaksi properti. Dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti GPT 3.5 dan GPT 4 dari OpenAI, chatbot ini menawarkan solusi cerdas dan efisien untuk kebutuhan properti Anda.

Fungsi Utama Chatbot Properti Kukuh TW Brighton

Chatbot Properti Kukuh TW Brighton dirancang untuk melayani tiga fungsi utama:

1. Bantuan untuk Pencari Properti: Bagi Anda yang mencari rumah, apartemen, tanah, pabrik, gudang, atau villa dengan kriteria tertentu, chatbot ini dapat memudahkan pencarian Anda. Dengan akses ke database properti yang luas, chatbot ini dapat memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Platform untuk Memasarkan Properti: Jika Anda ingin menjual atau menyewakan properti Anda, chatbot ini dapat menjadi sarana efektif untuk mempertemukan Anda dengan calon pembeli atau penyewa. Sebagai agen properti profesional, Kukuh TW akan membantu memastikan properti Anda mendapatkan eksposur maksimal untuk terjual atau tersewa dengan cepat.

3. Dukungan untuk Agen Properti: Agen properti lain yang ingin memasarkan properti milik klien mereka juga dapat memanfaatkan chatbot ini. Dengan biaya yang terjangkau, ini menjadi cara efisien untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Keunggulan Chatbot dengan Teknologi GPT 3.5 dan GPT 4

Menggunakan teknologi GPT 3.5 dan GPT 4 dari OpenAI, chatbot ini dapat memahami dan merespons pertanyaan dengan cara yang alami dan intuitif. Dua teknologi utama yang digunakan adalah:

- Semantic Search dan Vector Database: Memungkinkan chatbot untuk memahami konteks pertanyaan dan menemukan informasi yang paling relevan dari database properti yang luas.
- Retrieval-Augmented Generation (RAG): Teknologi ini menggabungkan kemampuan pencarian informasi dengan generasi teks, memungkinkan chatbot untuk memberikan jawaban yang lebih akurat dan informatif berdasarkan data yang ada.

Perbedaan RAG dengan Fine-Tuning

Salah satu keunggulan teknologi yang digunakan oleh chatbot ini adalah penggunaan RAG. Berbeda dengan fine-tuning, di mana model dilatih secara khusus pada dataset terbatas untuk meningkatkan performa dalam tugas tertentu, RAG memungkinkan model untuk mengambil informasi dari sumber eksternal saat diperlukan. Ini berarti chatbot dapat menyediakan informasi yang sangat relevan dan terkini tanpa perlu dilatih ulang secara berkala.

Manfaat Chatbot bagi Industri Properti

Penggunaan chatbot ini dalam industri properti menawarkan berbagai manfaat, antara lain:

- Kemudahan Akses: Dapat diakses melalui WhatsApp dan website, memudahkan interaksi dengan pengguna kapan saja dan di mana saja.
- Efisiensi Waktu: Mempercepat proses pencarian dan penawaran properti dengan menyediakan informasi yang relevan secara instan.
- Penjangkauan Lebih Luas: Memungkinkan agen properti untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang efisien.

Kesimpulan

Chatbot Properti Kukuh TW Brighton merupakan terobosan dalam memanfaatkan teknologi untuk memudahkan transaksi properti. Dengan fungsionalitas yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai pihak dalam industri properti, serta penggunaan teknologi canggih seperti GPT 3.5, GPT 4, dan RAG, chatbot ini menawarkan solusi yang efisien dan mudah di

akses bagi siapa saja yang berkecimpung dalam dunia properti. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi transaksi properti tetapi juga membawa industri properti ke era digital yang lebih maju.

Silahkan coba whatsappbot properti disini https://wa.me/6281281244352
Versi website, sementara bisa coba disini https://botlelang.com/botproperti

--

--